Kamis, 13 Agustus 2009

perkembangan dunia pariwisata malut

Maluku utara memiliki objek wisata yang dianggap memadai untuk dipelihara dan dijadikan sebagai bahan penelitian para pelajar yang ada di maluku utara dalam hal ini benteng - benteng.Benda Cagar Budaya (BCB) sebagai tinggalan sejarah adalah merupakan salah satu sumber potensial dalam pengenalan budaya khususnya budaya suatu daerah tertentu. Selain itu BCB juga merupakan warisan budaya yang memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat awam.
Harus diakui bahwa kesadaran akan kepentingan sejarah di masyarakat Indonesia baru berkembang pada beberapa dekade terakhir ini. Pengetahuan sejarah sangat berperan dalam pengembangan kepribadian bangsa. Namun demikian bukan berarti dengan mengetahui nilai-nilai lalu kita harus mengembalikan cara hidup yang lama ke masa kini.
Sejarah memberi sejumlah pengetahuan tentang nilai-nilai kearifan lokal terutama kepada generasi muda yang cenderung terreduksi nilai dan moral budayanya saat ini. Menumbuhkan kesadaran sejarah adalah upaya menumbuhkan identitas dan jati diri bangsa yang berbudaya. Tak heran sang proklamator “Bung Karno” selalu berpesan “Jangan Pernah Melupakan Sejarah”.
Sadar atau tidak, sejarah negeri ini menyimpan begitu banyak cerita yang tak pernah uzur. Fakta masa lalu yang hingga kini masih dapat kita lihat dan nikmati adalah benteng-benteng tinggalan bangsa Eropa, merupakan bukti betapa kekayaan negeri ini dengan cengkeh-palanya menggoda orang-orang Eropa untuk datang mencari “barang berharga” negeri ini serta nafas segar kemerdekaan yang kita rasakan kini merupakan hasil keringat dan darah dari mereka yang tengah ‘berbisik dari heningnya malam’, yang telah terbujur kaku, kata Chairil Anwar.
Jika perseptif tentang sejarah seperti ini tumbuh di tengah-tengah hiruk-pikuknya globalisasi yang cenderung mengikis identitas bangsa tentunya kesadaran akan budaya dan jati diri sebagai bangsa yang terhormat dan bermartabat dapat mewujud dalam setiap sikap generasi kita.
Melalui kegiatan wisata sejarah Matahati, merupakan bagian dari upaya kami dalam melestarikan nilai-nilai sejarah dan budaya lokal Maluku Utara, mendapat tanggapan dan antusiasme dari generasi muda Maluku Utara. Akhirnya kami sampaikan selamat menikmati keunikan budaya dan sejarah Moloku Kie Raha dalam teropong wisata sejarah. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar